Powered by Blogger.

Images Credit: tvN

Sinopsis Circle Episode 3 - 2

Bagian 2: Brave New World.


Dalam tidurnya, Joon Hyuk memimpikan kilasan-kilasan kenangan masa lalu si kembar. Dia tersentak bangun dengan kepala pening saat tiba-tiba dia mendapat telepon dari Dong Soo yang kedengaran panik dan kesal karena ternyata Bluebird itu memang beneran ada. Malah barusan komputernya diretas oleh si Bluebird itu.

Tapi Joon Hyuk menyuruhnya untuk melupakan si Bluebird dulu sekarang dan bantu dia untuk memeriksa sesuatu dulu.


Saat Ho Soo baru keluar dari kamarnya, dia malah mendapati Joon Hyuk sedang duduk di lantai, sedang menguleni adonan untuk membuat roti. Dia langsung nyinyir, Joon Hyuk pasti sudah merasa tempat ini seperti rumahnya sendiri, yah?

Joon Hyuk menawarkan untuk membuat roti apapun yang Ho Soo inginkan. Ho Soo menolak, dia biasanya sarapan pakai sup dan nasi.

"Kepribadian kita memang sangat berbeda, yah, Erro?"

"Itulah maksudku."


Mereka lalu mendiskusikan kasus ini lagi. Joon Hyuk ingin memeriksa ingatan Tuan Park lagi, mau memastikan apakah Tuan Park benar-benar tidak ingat ataukah ada seseorang yang mengotak-atik ingatannya.

Ho Soo tak mempercayainya sedikitpun. Mana mungkin ingatan manusia bisa diotak-atik. Joon Hyuk bersikeras mau memastikannya melalui akses ingatan. Dia akan memeriksa ingatan Tuan Park pada hari Min Ji diculik.

Ho Soo berkata kalau dia akan meminta izin Tuan park dulu lalu mempersiapkannya. Tapi Joon Hyuk berkata kalau dia mau memeriksanya di General District saja. Ho Soo langsung menentang keras, itu perbuatan ilegal.

Joon Hyuk bersikeras mau memeriksanya di General District karena jika ingatannya benar-benar dirusak maka mereka tidak akan pernah mendapatkan jawaban apapun di tempat ini.

Ho Soo heran, kenapa Joon Hyuk begitu mencurigai Human B. Joon Hyuk lebih heran lagi, kenapa Ho Soo begitu mempercayai Human B. Karena Human B itu sempurna dan Ho Soo meyakini kalau Human B tidak akan mungkin digunakan untuk tujuan mengotak-atik ingatan seseorang.

Joon Hyuk mendengus sinis mendengarnya. "Baiklah. Kita lihat saja nanti siapa yang benar."


Ho Soo langsung melaporkan masalah ini ke Walikota Yoon dan menurutnya, mereka lebih baik mengusir Joon Hyuk. Tapi alih-alih marah seperti Ho Soo, Walikota Yoon sepertinya juga meragukan sistem Human B dan menyuruh Ho Soo untuk terus bekerja sama dengan Joon Hyuk.

"Kita perlu tahu apakah terori Detektif Kim itu benar adanya, meskipun sepertinya mustahil. Aku adalah walokota yang bertanggung jawab warga kota ini. Walaupun Human B itu hebat, tapi tetap saja itu masih sebuah organisasi."

Ia memerintahkan Ho Soo untuk mengikuti apapun yang diingian Detektif Kim dulu, supaya mereka bisa mengusirnya saat diperlukan. Dan laporkan semuanya kepadanya.


Ho Soo mengerti. Tapi saat dia hendak berbalik pergi, tiba-tiba saja dia merasa pusing sesaat. Rasa sakit itu kembali lagi saat dia masuk toilet, kali ini dia bahkan seperti mendengar suara seorang wanita memanggil namanya. Tapi kepanikannya dengan cepat mereda berkat chip-nya.


Saat dia tiba di rumah sakit, Joon Hyuk memperlihatkan sesuatu padanya lalu mengajaknya masuk menemui Tuan Park, akan dia tunjukkan apa yang diperbuat Human B.

Didalam, Joon Hyuk memutar rekaman telepon 20 tahun yang lalu, saat Tuan Park melaporkan penculikan Min Ji pada polisi. Itu jelas suara Tuan Park dan dan walaupun Tuan Park terus berusaha mengklaim kalau dia tidak ingat, Joon Hyuk terus-menerus menuduhnya sebagai kaki tangan dalam penculikan Min Ji dan itulah alasan Min Ji berusaha membunuhnya.

Terpancing emosi, Tuan Park langsung berteriak membentak Joon Hyuk dan menyangkal tuduhannya. Chipnya bekerja cepat menenangkannya. Tuan Park sekali lagi menegaskan kalau dia mengasuh Min Ji seperti anaknya sendiri, dia benar-benar tak tahu apa yang sebenarnya terjadi dan dia sungguh ingin mengetahuinya.

Joon Hyuk berkata ada cara untuk mencari tahunya. Tuan Park pun berjanji akan melakukan apapun yang dia bisa untuk membantu memecahkan kasus ini. Beberapa saat kemudian, Sekretaris Shin terburu-buru melapor ke Hyun Suk kalau Tuan Park menghilang.


Joon Hyuk lalu membawa Ho Soo dan Tuan Park ke markasnya Dong Soo di General District. Detektif Oh nyinyir menatap Ho Soo, apa dia bakalan baik-baik saja, soalnya di sini kan tidak ada Sistem Perlindungan Stabil, takutnya otaknya tiba-tiba bermasalah dan dia berubah jadi psiko.

"Otakku tidak bermasalah walau tanpa Perlindungan Stabil," balas Ho Soo.

Dong Soo masuk tak lama kemudian dan mulai menjelaskan bahwa walaupun mesin diyakini tidak bisa berbohong, tapi semua itu bohong, nyatanya mesin juga pandai berbohong. Detektif Oh bingung maksudnya apa, bicara yang jelas napa.

"Aku sudah bicara jelas, kok." Sindir Dong Soo.

Detektif Oh sontak marah. Dong Soo buru-buru menjelaskan lebih lanjut bahwa dia akan membuat chipnya mengira kalau mereka sedang berada di Smart District agar mereka bisa melihat ingatannya.


Detektif Oh mengerti maksudnya sekarang. Dong Soo sangsi, dia yakin kalau Detektif Oh masih belum mengerti. Detektif Hong tiba-tiba menyela mereka dan langsung nyerocos panjang lebar, menduga apa-apa saja yang menurutnya akan dilakukan Dong Soo untuk memanipulasi chip itu.

Dong Soo langsung melongo kaget, tebakan Detektif Hong benar semua. Detektif Hong dengan bangga memberitahu mereka kalau dulu dia pernah belajar penyelidikan cyber.


Joon Hyuk sendiri sedang menunggu seseorang di luar. Seorang wanita membawa koper medis, datang tak lama kemudian. Sepertinya mereka sudah cukup akrab, wanita itu malah protes saat Joon Hyuk menyapanya dengan cuek padahal mereka sudah lama tidak bertemu.

Wanita itu adalah Dokter Park. Setelah dia membius Tuan Park, dia langsung membedah belakang telinganya untuk membantu Dong Soo menghubungkan chipnya Tuan Park ke komputernya.

Begitu Dong Soo menghubungkan chip itu ke Memory Cube, dia langsung mencari ingatan Tuan Park pada tanggal Min Ji diculik. Tapi anehnya, memori Tuan Park pada tanggal itu malah kosong.

 

Di Human B, sistem mereka langsung mendapat notifikasi saat Memory Cube Tuan Park mulai aktif. Hyun Suk langsung menyuruh Sekretaris Shin pergi ke General District dan menghentikan mereka.

Sekretaris Shin pun pergi ke General District dengan membawa sekumpulan pasukan tepat saat Dong Soo masih berusaha menyelidiki server Human B. Detektif Hong dan tim polisi langsung maju menghalangi mereka hingga akhirnya perkelahian pun pecah.


Yang lain sibuk berkelahi tapi Detektif Hong malah sibuk heboh sendiri sampai akhirnya Joon Hyuk keluar dan menghentikan perkelahian itu dengan menembakkan tembakan peringatan lalu mengarahkan pistolnya ke kepala Sekretaris Shin.

"Sepertinya kalian tidak mengerti, yah. Disini bukan Smart District. Bagaimana? Kalian mau mati atau pergi saja?"

Sekretaris Shin menuduh mereka telah meretas sistem Human B secara ilegal. Joon Hyuk santai, lapor saja pada polisi kalau begitu. Eh, tapi bagaimana ini. Merekalah polisinya. Kalau begitu mereka selidiki saja server Human B secara resmi agar mereka mendapat jawabannya.

"Apa yang kalian sembunyikan di sana sampai tak mau membiarkan satu orang merangkak masuk? Bagaimana? Apa aku perlu bawa surat perintah?"

Sekretaris Shin langsung melapor ke Hyun Suk yang akhirnya terpaksa harus menyuruh Sekretaris Shin untuk kembali ke Smart District agar mereka tidak membuat masalah.


Dong Soo akhirnya berhasil meretas server Human B dan mengetahui memang ada peretas yang mengunci ingatan Tuan Park. Tapi saat dia hampir berhasil melumpuhkan perangkat retas yang mengunci ingatan Tuan Park, tiba-tiba saja logo Bluebird muncul menghalangi peretasannya.

Joon Hyuk sontak kesal, meyakini kalau Bluebird itu adalah Human B dan Human B lah yang memblokir ingatan warganya. Ho Soo langsung protes tak terima dengan tuduhan Joon Hyuk. Peretasnya adalah Bluebird, tapi kenapa Joon Hyuk malah menuduh Human B adalah Bluebird.

Bukti apa yang membuat Joon Hyuk yakin kalau Human B adalah Bluebird, bagaimana dia bisa begitu yakin. Joon Hyuk mengklaim kalau firasatnya mengatakan begitu. Dia langsung pergi untuk menangkap Human B hanya dengan membawa sepucuk pistol.


Detektif Hong buru-buru mengejarnya dan berusaha menghentikannya, mereka tidak bisa menyimpulkan segalanya tanpa bukti. Joon Hyuk emosi mengingatkan Detektif Hong kalau dialah buktinya.

Apa yang terjadi padanya 20 tahun yang lalu, sekarang terjadi orang lain. Anak itu (saudara kembarnya) bisa saja menjadi salah satu korbannya. Terpaksa Detektif Hong menonjoknya untuk membuatnya sadar.

"Lagipula kita sudah menunggu anak itu selama 20 tahun. Tidak bisakah kita menunggu sedikit lebih lama? Jika sesuatu terjadi padamu juga, aku pasti akan merasa bersalah. Aku tidak akan bisa hidup."


Saat hendak mengejar Joon Hyuk, Ho Soo tiba-tiba mengalami sakit kepala lagi dan lagi-lagi dia mendengar suara seorang wanita yang memanggil namanya lalu tiba-tiba dia mendapat kilasan ingatan akan seorang wanita yang menunggunya didepan sebuah cafe.

Saat dia berusaha menenangkan diri di toilet, tiba-tiba dia mimisan sama persis seperti yang dialami Min Ji. Ho Soo tercengang, memikirkan ucapan Joon Hyuk tadi. Apa mungkin Human B juga memblokir ingatannya.


Dokter Park yang tadi mendengarkan percakapan Joon Hyuk dan Detektif Hong, memberikan sebotol obat untuk Joon Hyuk lalu membantu mengobati luka di bibir Joon Hyuk sambil bertanya-tanya tidak bisakah Joon Hyuk melupakannya dan melanjutkan hidupnya sebagai Kim Joon Hyuk.

"Aku begini karena ingin melupakannya. Aku ingin melupakan semuanya agar aku bisa hidup seperti Kim Joon Hyuk."

Saat dia hendak pergi, dia mengingatkan Dokter Park untuk makan yang banyak karena dia kurus sekali.


Ho Soo pergi ke cafe yang muncul dalam ingatannya itu. Dia teringat akan seorang wanita yang duduk di sebuah meja dekat jendela, tapi sekarang hanya ada seorang pria yang duduk di sana.

Pria itu pergi saat dia masuk dan Ho Soo saat duduk di meja itu, tiba-tiba dia kepalanya sakit lagi sampai dia gemetaran. Tapi kemudian dia melihat papan terdekat yang penuh dengan foto-foto pasangan yang pernah berkunjung ke cafe itu.


Dan diantara kumpulan foto itu, ada foto dirinya sedang merangkul seorang wanita. Seketika itu pula kenangan masa lalunya kembali dengan lebih jelas. Dia ingat wajah wanita itu, saat wanita itu mengikatkan dasi untuknya di sana dan saat mereka berdua saling menatap dengan penuh cinta.

Bos cafe menyapanya akrab, sudah lama Ho Soo tidak kemari lagi. Ho Soo bingung, apa dia mengenalnya? Tentu saja, dulu Ho Soo sering kemari. Dia juga memberitahu kalau wanita dalam foto itu adalah pacarnya Ho Soo, tapi dia sudah meninggal dunia.


Ho Soo mulai teringat betapa paniknya dia dulu saat dia berusaha menggedor-gedor pintu sambil memanggil-manggil nama pacarnya. Ho Soo keluar dari cafe dengan langkah terseok-seok, menangis dan tertawa miris secara bersamaan.


Seharian, Dong Soo berusaha keras meretas keberadaan Bluebird. Saat dia mulai kecapekan dan frustasi, tiba-tiba saja dia berhasil menemukannya. Dia sedang bergerak di Smart District.

Detektif Hong mengizinkannya pergi. Joon Hyuk pun langsung pergi ke Smart District dan ngebut mencari Bluebird sementara Dong Soo menuntun jalannya dari kejauhan. Joon Hyuk sudah hampir dekat, tapi tiba-tiba saja listrik gedung mati dan Dong Soo jadi kehilangan akses.


Mengira ada korsleting listrik, Detektif Oh pun turun untuk mengecek, tapi malah mendapati Ho Soo lah yang ternyata sengaja memutus sambungan listriknya.


Begitu Joon Hyuk kembali, dia langsung mengkonfrontasi Ho Soo. Ho Soo mengklaim kalau Joon Hyuk sudah melanggar aturan Smart District dan karenanya dia ingin Joon Hyuk enyah dari Smart District. Jika tidak, maka dia akan mengajukan keluhan formal pada Walikota Yoon.

"Yang seharusnya menghilang itu bukan aku, tapi Human B! Mereka menipu kalian semua! Mereka merusak ingatan orang."

Ho Soo tampak goyah sesaat, tapi kemudian dia berkata bahwa tidak memiliki ingatan bisa membuat orang bahagia. Joon Hyuk tidak sependapat, apa Ho Soo tahu apa artinya kehilangan ingatan?

"Hilang ingatan artinya aku bukan lagi diriku sendiri. Apa kau tahu betapa menakutkannya itu?"


Ho Soo mengaku kalau dia juga takut, dia takut ingatannya yang hilang akan kembali lagi. Karena itulah dia memilih untuk tidak menjadi dirinya sendiri. Dia tidak ingin mengingatnya. Dia hanya ingin bahagia.

Jadi sebaiknya Joon Hyuk hentikan saja semua ini. Memangnya bukti apa yang dia miliki? Siapa sebenarnya Joon Hyuk sampai menimbulkan masalah seperti ini?

"Aku juga tidak tahu. Aku tidak tahu apakah aku Kim Joon Hyuk atau orang lain. Aku tidak ingat apapun."

Flashback,


Joon Hyuk terbaring di rumah sakit dalam keadaan sudah tidak ingat siapa dirinya. Detektif Hong memperlihatkan video si kembar saat mereka masih kecil padanya. Tapi saat Joon Hyuk bertanya dia yang mana diantara si kembar, Detektif Hong hanya menjawab kalau mulai sekarang, dia adalah Kim Joon Hyuk.

Bersambung ke episode 4

Terima kasih telah membaca sinopsis di Drama Diary dan mohon untuk TIDAK COPY PASTE sinopsis dari blog Drama Diary dalam bentuk dan alasan apapun.
Terima kasih ^_^
EmoticonEmoticon