Powered by Blogger.

Images Credit: tvN

Sinopsis Circle Episode 4 -2

Bagian 2: Brave New World.

10 tahun yang lalu, 


Joon Hyuk terbangun di rumah sakit dalam keadaan tak tahu identitas dirinya sendiri. Detektif Hong menunjukkan rekam ingatan saat si kembar berlomba menyelesaikan kubus rubik.

Saat Joon Hyuk bertanya dia yang mana, Detektif Hong pun tak tahu dan hanya berkata bahwa mulai sekarang namanya adalah Kim Joon Hyuk.


Detektif Hong lalu berdebat di luar dengan In Young (dokter yang membedah belakang telinganya Tuan Park). In Young bersikeras kalau Joon Hyuk tidak perlu tahu, tapi Detektif Hong kurang setuju dengannya.

Joon Hyuk keluar setelah mendengar percakapan mereka dan langsung menuntut penjelasan. "Kau bilang anak itu sudah meninggal. Apa dia masih hidup? Apa yang kalian bicarakan? Apa yang tidak kuketahui?!"

Detektif Hong menjawabnya dengan memberinya sebuah koper. Semua masa lalu Joon Hyuk ada didalamnya. Itu adalah rekam ingatan yang ditinggalkan saudara kembarnya Joon Hyuk. In Young berusaha mencegah Joon Hyuk menontonnya karena mungkin dia bisa terjebak di masa lalu.


Tapi pada akhirnya, Joon Hyuk tetap menontonnya. Begitu sendirian, dia menonton rekam ingatan saat Woo Jin dengan frustasi meminta Bum Gyun untuk menghentikan obsesinya terhadap alien. Tapi entah rekam ingatan itu berasal dari ingatan Woo Jin atau Bum Gyun.

Kembali ke masa kini,


Joon Hyuk memberitahu Ho Soo bahwa kenangan pahit ada;ah bagian dari ingatan kita. "Seberapa menjengkelkan, kejam dan mengerikannya ingatan itu, semua itu adalah bagian dari dirimu. Karena itulah kau harus menerimanya. Aku pun begitu."

Ho Soo berkaca-kaca mendengarnya. Tapi dia tidak sependapat dengan Joon Hyuk. Pilihan Joon Hyuk itu bukan jawaban yang tepat.

Ho Soo langsung kembali ke Smart District. Dia menangis sesampainya kembali ke rumah lalu melepaskan dasinya. Tiba-tiba dia menyadari kalau dasi yang selama ini dipakainya itu adalah dasi yang dipakaikan kekasihnya dulu.


Berita mengabarkan bahwa polusi debu di General District semakin parah. Didalam, Joon Hyuk duduk sambil memejamkan mata selama berjam-jam. Detektif Oh penasaran, apa dia sedang tidur. Dong Soo menggerutu kesal karena Joon Hyuk terus menyuruhnya mencari Bluebird tapi dia sendiri malah tidur.

Penasaran, mereka mengendap masuk untuk memastikan Joon Hyuk tidur beneran atau tidak. Dong Soo mencoba mengecek napasnya dengan meletakkan jarinya dibawah hidung Joon Hyuk, dan Joon Hyuk langsung menggigitnya dan hampir saja menghajar Dong Soo karena dia gagal menemukan Bluebird.

 

Detektif Hong menduga kalau mungkin Bluebird itu peretas tingkat elit yang tidak meninggalkan jejak. Joon Hyuk menekankan kalau mereka harus menemukannya. Hanya dengan begitu, penyelidikan Detektif Hong bisa berakhir. Juga demi In Young dan dirinya sendiri.

Di Smart District, Ho Soo masih duduk sambil memegangi dasinya. Dia lalu pergi ke Human B untuk menemui Hyun Suk dan mempertanyakan masalah Human B yang memblokir ingatan orang-orang.


Hyun Suk santai menyangkalnya dan beranjak pergi. Tapi Ho Soo langsung menyinggung tentang Bluebird, apa Hyun Suk menyuruh Bluebird untuk memblokir ingatan warga. Saat Hyun Suk masih terus menyangkal, Ho Soo bertanya-tanya haruskah dia memastikan kebenarannya di hadapan media.

Hyun Suk tetap santai, "Lalu kenapa kau mendatanginya dan bukannya media?"

"Karena ada hal yang kuinginkan. Tolong blokir ingatanku lagi."

Hyun Suk terkejut mendengarnya. Sekretaris Shin datang untuk membisikkan sesuatu pada Hyun Suk. Hyun Suk langsung pamit pergi, tapi kemudian dia berinisiatif mengajak Ho Soo ikut. Ada hal yang harus Ho Soo ketahui.


Begitu tersadar, Tuan Park tiba-tiba menjerit-jerit histeris. Sepertinya ingatannya mulai kembali karena tiba-tiba saja dia bergumam histeris, "Apa yang telah kulakukan pada Min Ji?"

Detektif Hong langsung mencengkeram bajunya dengan kesal, "Kau kaki tangannya, bukan?!"


Dong Soo merasa hal ini aneh, kenapa ingatan Kim Min Ji dan Tuan Park bisa muncul lagi sekarang. Detektif Oh menduga mungkin sistemnya rusak. Teringat ketakutan Ho Soo akan ingatannya yang kembali, Joon Hyuk ingin mereka menyambungkannya ke chipnya Tuan Park lagi.

In Young tidak setuju. menghubungkannya lagi bisa berbahaya bagi Tuan Park karena chip itu terhubung ke sarafnya. Tapi Joon Hyuk bersikeras karena hanya itu cara memastikannya.

In Young tetap tidak setuju. Tapi Tuan Park tiba-tiba menyela mereka dan dia setuju untuk melakukannya karena dia juga ingin tahu yang sebenarnya.


Begitu terhubung kembali ke chip, mereka mencari ingatan saat hari penculikan Min Ji. Tapi yang tidak mereka sangka, kali ini ingatan itu tidak lagi terblokir entah bagaimana.

Dalam rekaman itu, terlihat Gyun Woo memasukkan Min Ji kedalam bagasi mobil. Min Ji sekilas melirik Tuan Park dan berusaha memohon-mohon pada mereka. Tapi Gyun Woo langsung menutup bagasinya tanpa ampun. Saat mereka hendak memutar ulang rekaman itu, logo Bluebird tiba-tiba muncul di layar monitor mereka.

Di Smart District, rombongan Hyun Suk keluar dari kantornya. Sementara di General District, rekaman ingatan yang terkunci itu tiba-tiba dibuka oleh Bluebird dan mereka pun kembali melihat rekaman ingatan Tuan Park saat Min Ji disekap di gudang.

Videonya terkunci kembali, tapi sesaat kemudian terbuka lagi berkat Bluebird. Mereka melihat bagaimana Tuan Park berjalan mendekati Min Ji lalu membekap mulutnya. Dong Soo dan Joon Hyuk sekarang mengerti, Bluebird bukannya menghalangi ingatan mereka, justru dia memulihkan ingatan mereka.

"Tapi kenapa?" Tanya Dong Soo.



Sementara itu di Smart District, para petugas Human B sedang kalang kabut karena sistem mereka diretas oleh Bluebird. Rombongan Hyun Suk tiba saat itu dan langsung ngamuk-ngamuk pada si petugas karena ternyata ini bukan pertama kalinya bluebird meretas sistem mereka. Tapi kemarahannya dengan cepat mereda berkat chipnya.

Ho Soo kaget mendengar kamarahan Hyun Suk, dia kira kalau Bluebird itu salah satu dari mereka. Hyun Suk memberitahunya kalau Bluebird justru membebaskan ingatan Ho Soo yang mengerikan itu. Bluebird lah penyebab kekacauan di Smart District.

Hyun Suk bersedia memblokir ingatan Ho Soo lagi. Tapi sebelum itu, dia ingin Ho Soo melakukan sesuatu untuk mereka.

 

Di General District, Dong Soo bertanya-tanya siapa sebenarnya si Bluebird ini. Jika dia yang memulihkan ingatan orang-orang, berarti dia tidak berada di pihak Human B. Detektif Oh penasaran apa alasan Bluebird. Apa dia melakukannya demi keadilan.

"Dia mungkin saja menyimpan dendam terhadap Human B, sama seperti kau, Hyungnim." Ujar Dong Soo.

Joon Hyuk tiba-tiba beranjak bangkit mau menemui Bluebird. Dia yakin bisa menemukan Bluebird di Smart District, karena di situlah mereka kehilangan jejaknya.


Di sebuah ruang gelap yang penuh dengan berbagai macam komputer, seorang wanita bertopi tampak sedang mengerjakan sesuatu. Salah satu layar menampakkan rekaman ingatan Tuan Park sementara layar satunya menampakkan rekaman dari sudut pandang Ho Soo. Hmm, mungkin dia Bluebird yang meretas chipnya Ho Soo.

Rekaman itu menunjukkan saat Joon Hyuk dan Ho Soo berdebat tentang Bluebird. Saat Joon Hyuk berpaling ke arah Ho Soo, wanita itu langsung mem-pause rekamannya dan memperhatikan wajah Joon Hyuk.


Joon Hyuk tiba di terminal Smart District saat dia ditelepon Ho Soo yang bilang kalau dia juga sedang ada di terminal dan mengajaknya bertemu. Joon Hyuk bertanya apa dia baik-baik saja dan menduga kalau Perlindungan Stabil yang membuat Ho Soo lebih baik sekarang.

Ho Soo melihat Joon Hyuk berjalan di kejauhan saat itu. Dia teringat dengan syarat yang diajukan Hyun Suk tadi. Hyun Suk menyuruh Ho Soo untuk mencari tahu tentang Joon Hyuk karena tak ada rekam jejak tentangnya sebelum dia berumur 30 tahun. Jika Ho Soo berhasil mencari tahu dia siapa, maka dia berjanji akan memblokir ingatan Ho Soo lagi.


Saat Joon Hyuk berjalan, seorang wanita tiba-tiba menyenggolnya dan terus berjalan begitu saja. Sedetik kemudian, Joon Hyuk mendengar ponselnya berbunyi. Tapi saat dia mengangkatnya, dia baru menyadari kalau yang berbunyi bukan ponselnya, melainkan ponsel lain yang tiba-tiba saja ada di saku sebelah.

Dalam flashback, kita melihat si wanita tadi sengaja menubruknya dan langsung memasukkan ponsel itu kedalam sakunya. Yang meneleponnya berasal dari nomor tak dikenal dan saat Joon Hyuk mengangkatnya, dia mendengar suara Bluebird yang disamarkan.

"Detektif Kim, apa kau mencariku?"

"Bluebird? Kenapa kau membebaskan ingatan orang?"

"Kau mau tahu? Maka keluarlah."

Joon Hyuk langsung celingukan mencari keberadaan orang itu saat tiba-tiba saja Bluebird mengirimkan peta GPS. Joon Hyuk pun buru-buru pergi, tanpa menyadari Ho Soo yang membuntutinya.


Joon Hyuk kembali ke General District dan berkeliaran mencari keberadaan lokasi yang ditunjuk Bluebird. Dia berputar-putar melewati berbagai macam gang hingga akhirnya dia sampai di gerbang Universitas Handam.

Joon Hyuk langsung teringat pernah menonton rekam ingatan saudara kembarnya yang tampak berjalan masuk ke Universitas Handam. Bluebird menelepon lagi saat itu. Joon Hyuk langsung kesal dan menuntut apa sebenarnya yang Bluebird inginkan.


Bluebird menjawabnya dengan mengirimkan peta lokasi kedua. Joon Hyuk langsung berlari mencari tempat itu hingga dia tiba di indekos mahasiswa tempat Woo Jin tinggal dulu. Joon Hyuk kontan teringat dengan rekaman ingatan saudara kembarnya lagi.

Rekaman ingatan yang menunjukkan Bum Gyun berjanji pada Woo Jin kalau dia takkan masuk penjara lagi. Kali ini kita melihat rekaman ingatan itu ternyata milik Woo Jin. (Oh, jadi Joon Hyuk itu Bum Gyun?)

Bluebird menelepon lagi. Joon Hyuk bertanya, "Kau tahu siapa aku, kan?"

"Sepertinya kau juga mengenalku," jawab Bluebird.

Joon Hyuk berusaha menanyakan keberadaannya. Tapi Bluebird hanya mengirimkan lokasi ketiga. Joon Hyuk bergegas pergi, tanpa menyadari Ho Soo yang sedang membuntutinya.


Joon Hyuk tiba di lokasi ketiga yang ternyata toko roti tempat Bum Gyun bekerja dulu. Joon Hyuk ingat saat Bum Gyun bilang ke Woo Jin kalau tempat ini adalah tempat persembunyian alien.

Dia lalu pergi ke lokasi keempat yang ternyata motel yang Bum Gyun sewa setelah keluar dari penjara. Perlahan dia naik hingga tiba di depan kamar yang disewa Bum Gyun dulu dan mulai teringat masa lalunya.

Dia ingat janji Bum Gyun kecil bahwa dia akan selalu menemukan Woo Jin dimanapun Woo Jin berada. Dia ingat ancaman Woo Jin kalau dia takkan mau lagi bicara dengan Bum Gyun jika Bum Gyun pergi sekarang. Dia ingat janji Bum Gyun untuk tidak masuk penjara lagi dan takkan pergi kemanapun tanpa Woo Jin lagi.


Begitu masuk kamar itu, Joon Hyuk teringat bagaimana dulu dinding kamar itu dipenuhi berbagai macam artikel tentang alien. Tiba-tiba saja dia seperti bisa mendengar suara Woo Jin yang bertanya pada Bum Gyun, apakah dia yang membunuh Ji Hyuk Sunbae.

Joon Hyuk menoleh ke asal suara dan seolah bisa melihat kedua saudara itu sedang berdebat tepat di depan matanya. Tiba-tiba saja Bum Gyun seolah menghilang dan Woo Jin bertanya langsung pada Joon Hyuk, "Apa yang selalu kau yakini itu pernah benar? Kenapa kau seakan berada di dunia yang berbeda? Kenapa?"


Joon Hyuk berkaca-kaca, teringat bagaimana dulu Bum Gyun selalu membuat Woo Jin frustasi dan menderita karena obsesinya untuk menemukan alien. Joon Hyuk sontak menangis dan meminta maaf pada bayangan Woo Jin.

"Seharusnya aku cerita semuanya padamu. Tidak, seharusnya aku berhenti. Aku sungguh minta maaf."

Bayangan Woo Jin tiba-tiba menghilang. Tapi Joon Hyuk masih bisa mendengar suara Woo Jin yang memohon pada Bum Gyun untuk menghentikan semua ini, selama ini dia sudah cukup kesulitan tanpa Bum Gyun, dia sangat membutuhkan Bum Gyun. Dan karenanya, dia memohon agar Bum Gyun tetap bersamanya.

Suara Joon Hyuk bergetar saat dia memanggil Woo Jin, "Ini hyung. Ini aku, Bum Gyun."


Bluebird yang mengawasinya dari kejauhan, sontak terkejut hingga menjatuhkan kubus rubiknya. Dan dia ternyata Jung Yeon yang sama sekali tidak tampak menua.

"Kim Bum Gyun," gumamnya.

Bersambung ke episode 5

Terima kasih telah membaca sinopsis di Drama Diary dan mohon untuk TIDAK COPY PASTE sinopsis dari blog Drama Diary dalam bentuk dan alasan apapun.
Terima kasih ^_^
EmoticonEmoticon